Mengenang Bob Marley

Bob Marley adalah legenda musik reggae yang berasal dari Jamaika. Nama Bob Marley begitu dikenal hampir di seluruh penjuru dunia, mulai dari anak kecil hingga kakek-kakek usia lanjut.

Para penggemar Bob Marley hampir selalu membawa atribut dan aksesori khas Bob Marley, mulai dari topi, baju, bahkan rambut mirip tokoh pujaan mereka itu.

Tanggal 6 Februari 2012 kemaren, bila mendiang Bob Marley masih hidup kini telah berusia 67 tahun. Bob Marley lahir di Nine Mile, Saint Ann, Jamaika, 6 Februari 1945 dan meninggal di Miami, Florida, Amerika Serikat, 11 Mei 1981 karena kanker yang dideritanya selama kurang lebih 4 tahun.

Berikut beberapa fakta tentang kehidupan Bob Marley yang mungkin berguna bagi para penggemar untuk mengenang kembali sang legenda, Bob Marley.

1. Ayah Bob Marley, Kapten Norval Sinclair Marley, adalah seorang pejabat yang cukup disegani di pemerintahan Inggris. Sedangkan ibu Bob Marley, Candella merupakan wanita pribumi.

2. Kelahiran Bob Marley ditandai dengan terlihatnya beberapa Meteor yang jatuh, yang menurut kepercayaan mereka menandakan bahwa seorang tokoh besar telah lahir pada hari itu.

3. Ayah Bob Marley meninggal pada saat Bob kecil masih berusia 10 tahun.

4. Di usianya yang ke-14, Bob Marley memutuskan keluar dari sekolah dan belajar mengelas serta mulai belajar musik dengan sahabatnya Bunny Wailer dan Joe Higgs.

5. Bob Marley pertama kali membentuk band, The Teeneger yang beraliran musik ska rocksteady pada tahun 1962. Band ini merupakan cikal bakal dari The Wailers.

6. Album pertama Bob Marley ialah "The Wailing Wailers", yang dirilis tahun 1965 bersama The Wailers. Pada 1974 lagu "No Woman No Cry" menjadi populer di Jamaika dan negara-negara Amerika Serikat.

7. Pada tahun 1977 Bob Marley didiagnosa mengidap kanker kulit, namun hal tersebut disembunyikan dari publik tanpa alasan yang jelas.

8. Bob Marley dan istrinya, Rita adalah seorang menganut Rastafarianism. Rastafarianism adalah suatu kepercayaan yang lahir di Jamaika, namun sebagian orang lebih suka menyebutnya sebagai way of life.

9. Bob Marley berambut gimbal sebagai ungkapan kebanggaan Bob Marley terhadap tanah kelahiran dan juga sebagai simbol pendekatan dirinya kepada Jah (Tuhan).

10. Tahun 1977 Bob Marley mendapati luka di jempol kakinya. Pada awalnya ia mengira bahwa luka tersebut didapatnya setelah ia bermain sepak bola, namun justru cedera itulah awal mula penyebab kematian Bob Marley. Dokter menjelaskan bahwa ia mengidap kanker kulit dan menyarankan Bob untuk mengamputasi jempol kakinya, namun karena kepercayaan yang dianutnya melarang hal tersebut, maka Bob marley menolak saran sang dokter.

11. Pada bulan Maret 1994 Bob Marley mendapat pernghargaan Rock and Roll Hall of Fame.

12. Pada bulan Februari 2001 Bob Marley mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yaitu Hollywood Walk of Fame dan Grammy Lifetime Achievement Award.

13. Bob Marley adalah seorang vegetarian, seperti penganut Rastafarian pada umumnya.

14. Secara biologis, Bob marley memiliki 9 anak dari 7 wanita berbeda. Bob Marley juga pernah mengadopsi 2 anak semasa hidupnnya.

15. Dari 9 anak Bob Marley, 7 diantaranya berprofesi sebagai penyanyi. Mereka adalah Sharon, Cedella, Ziggy, Stephen, Julian, Ky-Mani, dan Damian.

16. Bob Marley dimakamkan di ruang bawah tanah di Nine Mile, St Ann Parish, Jamaika bersama barang-barang favoritnya seperti gitar Les Paul, bola sepak, kitab Rastafarian dan daun ganja.


Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekilas Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by nonton movie Mas Template
Proudly powered by Blogger