10 Tips Untuk Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Pesawat merupakan sarana transportasi cepat yang saat ini harganya makin terjangkau bagi masyarakat umum. Bahkan harga tiket pesawat untuk waktu-waktu tertentu bahkan dapat bersaing dengan harga tiket kereta api, atau bus sekalipun.

Untuk Anda yang baru pertama kali naik pesawat penerbangan domestik (dalam negeri), beberapa langkah berikut ini mungkin dapat membantu.

1. Siapkan tiket pesawat Anda
Saat ini pembelian tiket sudah banyak dibeli secara online. Bila Anda membeli secara online, tiket elektronik akan dikirim ke email Anda. Sebaiknya, tiket ini Anda print (cetak). Namun, jika membeli di agen perjalanan, biasanya pembeli sudah mendapatkan tiket cetak. Sebelum berangkat ke Bandara, siapkan tiket Anda di dalam saku atau kantung tas yang mudah dibuka sehingga Anda tidak harus membongkar tas kembali untuk mengambil tiket. Sesampainya di Bandara, masuklah ke pintu terminal keberangkatan domestik dan tunjukkan tiket Anda ke petugas agar Anda bisa masuk.

2. Jangan terlambat
Di tiket Anda ada keterangan waktu keberangkatan pesawat. Datanglah ke Bandara paling kurang 1 jam lebih awal, untuk menghindari antrian saat masuk ke dalam terminal bandara dan saat antrian check-in. Lebih baik menunggu di boarding room (ruang tunggu) daripada Anda harus terburu-buru, apalagi sampai tertinggal pesawat. Beberapa maskapai di Indonesia kini sudah menerapkan check-in secara online yang memudahkan penumpang untuk tidak perlu lagi mengantri saat check-in. Namun, tak semua maskapai menyediakan fasilitas ini.

3. Bawa tas jangan terlalu banyak
Usahakan untuk hanya membawa 2 tas saja paling banyak. Tas kecil untuk membawa barang-barang berharga Anda, dan tas besar untuk pakaian dan lain-lain. Hal ini agar Anda tidak dibuat repot dengan bawaan Anda sendiri. Jangan membawa senjata tajam di dalam tas.

4. Check-in
Antrilah di loket check-in sesuai dengan maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Jika bingung loket mana yang harus Anda datangi, tanya saja pada petugas. Siapkan KTP dan print tiket saat mengantre untuk check-in tiket. Siapkan pula tas yang akan masuk bagasi. Serahkan KTP dan print-out tiket pesawat Anda ke petugas check-in. Setelah itu, Anda akan mendapatkan selembar boarding pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat). Perhatikan nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan yang tertera di boarding pass. Setelah mendapatkan boarding pass ini, jangan lupa menyimpan kembali KTP Anda. Untuk bagasi, letakkan tas di timbangan yang berada di sebelah petugas. Nantinya tas akan dilabeli dan Anda akan mendapatkan bukti nomor tas yang masuk bagasi. Jangan hilangkan bukti nomor ini karena akan berguna saat nantinya Anda mengambil tas.

5. Membayar airport tax
Beberapa bandara, untuk airport tax dapat langsung dibayar di loket check-in. Namun ada pula beberapa bandara yang menerapkan loket pembayaran airport tax secara terpisah. Besarnya airport tax berbeda-beda untuk setiap bandara.

6. Menunggu di boarding room
Masuklah ke boarding room sesuai dengan gate yang tertera di tiket Anda. Jika tak yakin, tanyakan kepada petugas yang menjaga gate. Nomor gate juga biasanya tertera di papan pemberitahuan. Anda bisa mencocokkan nomor pesawat dengan nomor gate. Di papan ini, Anda juga bisa mengetahui jam keberangkatan dan juga status pesawat Anda.

7. Dengarkan pemberitahuan
Selalu dengarkan pemberitahuan petugas tentang nomor pesawat dan kota tujuan yang akan berangkat. Bila nomor pesawat dan kota tujuan Anda telah diumumkan, segeralah antri di depan pintu boarding. Siapkan KTP dan boarding pass. Setelah mencocokkan nama di KTP dengan di boarding pass, maka boarding pass Anda akan disobek oleh petugas. Sebagian diambil petugas, sisanya bisa Anda simpan. Jangan lupa, potongan nomor tas bagasi jangan sampai terambil petugas.

8. Masuk ke pesawat
Masuklah ke pesawat dengan tenang dan tidak perlu terburu-buru karena setiap penumpang mempunyai nomor tempat duduknya sesuai dengan yang tertera pada tiket. Duduklah pada kursi sesuai dengan nomor tiket Anda. Taruhlah tas Anda di bagasi kabin yang berada di atas. Jika tas Anda kecil, bawa saja di pangkuan Anda. Kenakan sabuk pengaman.

9. Nikmati perjalanan
Sesaat sebelum lepas landas, awak pesawat akan memberikan petunjuk keselamatan saat penerbangan. Perhatikan dengan seksama dan bacalah instruksi keselamatan yang ada di bangku pesawat. Jangan lupa mematikan handphone. Saat lepas landas, makanlah permen untuk mengurangi tekanan pada telinga Anda. Anda baru diperbolehkan untuk melepas sabuk pengaman atau berjalan di dalam pesawat, jika tanda sabuk pengaman di pesawat sudah padam. Namun sebaiknya tetaplah kenakan sabuk pengaman selama di dalam pesawat.

10. Tiba di tempat tujuan
Jangan buru-buru melepas sabuk pengaman sampai pesawat benar-benar berhenti atau tanda sabuk pengaman telah padam. Bersabarlah saat mengambil tas maupun menunggu pintu pesawat dibuka. Lalu lanjutkan perjalanan menuju tempat pengambilan bagasi. Beberapa bandara memiliki beberapa area pengambilan bagasi. Pastikan Anda menunggu di area yang sesuai dengan nomor pesawat Anda. Setelah mendapatkan tas Anda, Anda bisa keluar dari bandara. Namun sebelum keluar, Anda harus menunjukan nomor bukti penitipan bagasi ke petugas.
Tips sederhana agar memudahkan Anda saat pengambilan barang bagasi adalah pastikan tas sudah diberikan ciri khas tertentu. Rata-rata tas bepergian berwarna hitam, sehingga memudahkan orang tertukar dengan tas orang lain.
Ikatkan pita berwarna mencolok seperti merah atau kuning di tas Anda sebagai tanda. Jika bukan tas yang Anda gunakan, misalnya kotak kardus, maka beri nama dan nomor telepon di kotak kardus.


Share this article :
 

+ comments + 2 comments

January 13, 2013 at 9:10 PM

wow.. lengkap banget infonya.. klo aku dulu naik pertamakali naik pesawat agak takut2 gitu ternyata menyenangkan...

mampir ya di blog aku, aku suka cerita-cerita hal hal Pertama Kali www.pertamakali.com

June 7, 2013 at 7:40 PM

Terimakasih untuk tipsnya,,, sangat membantu untuk persiapan naik pesawat pertama kali :)

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sekilas Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger